Buat anak..

Abis baca blog tentang ngurus anak, jadi pengen ikut nulis juga.. :)
Sejak sebelum married dan punya anak, aku udah kerja.. Sampai hari ini udah 16 tahun kerja, wow udah lama juga ya..
Sampe punya anak, tetap kerja terus. Bukan karena ingin eksis dan berkarir, tapi untuk membantu suami memenuhi kebutuhan keluarga aja. Kadang ada saatnya sangat mellow pengen resign dan nemenin anak aja di rumah, tapi dipikir-pikir lagi, belum saatnya berhenti, karena masih banyak kebutuhan terutama kebutuhan untuk anak-anak..

Kalau nggak ada pembantu, rasanya ingin berhenti kerja, tapi kalau pas ada pembantu yang baik dan cocok dan bisa dipercaya, wah enaknya..
Tapiii, abis lebaran tahun ini, kita udah nggak ada pembantu lagi, nyari yang baru juga susah, ada yang mau tapi kapan mulai masuknya terserah dia, udah gitu minta gaji tinggi lagi.. bikin kesel aja..
Akhirnya setelah pikir-pikir dan ngobrol-ngobrol sama mertua dan suami, akhirnya diputuskan kita tidak lagi pakai pembantu inap, cuma pake Bi Anih aja, pembantu cuci gosok yang pulang harian, dia udah 4 tahun kerja sama kita.
Yakin deh, kita pasti bisa. Anak-anak udah gede, udah bisa diajarin mandiri. Selama masih ada Ama di rumah yang liatin anak-anak, aku bisa tenang kerja.
Akhirnya kita ikutin Michelle dan Laura naik jemputan. Trus gajinya bi Anih ditambahin plus ditambahin juga kerjaannya, nyapu ngepel cuci piring beres-beres..
Hhhh....legaan rasanya.. Soalnya sebel deh kalo liat pembantu merasa diperluin banget jadinya suka macem-macem..
Bye-bye pembantu (inap).. Kita nggak mau lagi tergantung sama kalian.. :p

Tapi masih tergantung sama pembantu cuci gosok kan? hehe..
Hhmm.. ini juga mulai dibiasain kalo kita nggak mau tergantung sama dia.. Kalau misalnya dia berhenti kerja, aku punya rencana beli aja setrika uap biar gampang gosok bajunya dan semua baju cuci pake mesin cuci aja..
Masalah nyapu ngepel, itu bisa dikerjain malem aja sebelum tidur jadi bangun pagi rumah udah kinclong.. hehe..
Masih angan-angan sih.. tapi sebagai persiapan aja nggak mau terlalu bergantung sama orang lain..

Masalah pelajaran anak-anak. Tiap pulang kerja aku cek agenda sekolahnya, ada PR atau nggak, ajarin anak, bikinin soal latihan, tanya jawab dll.
Untung Laura udah besar, dan bisa tanggung jawab sendiri soal pelajaran sekolahnya. Jadi aku bisa fokus ke Michelle yang lebih kecil.

Masalah makanan. Tiap malem aku udah siapin sayur yang mau dimasak besok paginya. Potong-potong sayur, daging dll waktu malemnya, masak nasi juga sebelum tidur. Jadi bangun pagi tinggal sedikit kerjaannya, karena harus buru-buru siapin anak sekolah dan aku pergi kerja.

Malah sejak nggak ada pembantu inap, aku berasa lebih enak loh.. nggak pusing mikirin makanannya, nggak pusing kalo liat kerjaannya nggak bener dan tentu saja nggak pusing keluarin duitnya.. hehe
Justru aku merasa badan juga lebih enak, karena jadi olahraga juga tiap pagi dan malem, beberes rumah dll. Thanks God, aku merasa ini jalan keluar dari Tuhan.. :)

Anak-anak pulang sekolah sekitar jam 2 atau 3. Kalau anak-anak di rumah, aku selalu telpon ke rumah untuk nanyain keadaan, pesen ini itu.. Uhh anak-anak bilang mama bawel.. Aku bilang, iya sejak mama punya anak, mama jadi bawel padahal dulu mama itu orangnya pendiam loh, karena mama sayang dan perduli sama kamu, mama sekarang jadi bawel, karena ingin kamu jadi orang yang baik, rajin dll :) Untung anak-anak ngerti kalau mama harus kerja, malah mereka suka kasihan kalo liat mamanya cape baru pulang kerja..

Sekarang, aku fokus mau cari uang untuk disave buat kebutuhan anak di masa depan. Apalagi uang sekolah udah nggak murah lagi ya.. Aku juga bekalin anak-anak sama kursus2 yang bisa bikin mereka pintar dan punya keahlian. Semoga anak-anak terus tumbuh sehat, pintar dan diberkati Tuhan.

Aku tahu, sometimes aku nih mikir aku ini berbuat ini itu supaya anak sukses dan berhasil, jadi liatnya ke diri sendiri.. Aku cape kerja buat anak, ajarin pr buat anak, masak yang sehat buat anak..
Jadinya kalo anak-anak berhasil, itu karena aku..
Ho ho ho... No no no..
Aku nggak mau punya pikiran kaya gitu ahh. Aku sebatas mengerjakan apa yang menjadi tugasku aja, tapi sesungguhnya anak-anak itu ada dalam Tuhan. Kalau mereka berhasil, itu karena Tuhan. Kalau mereka pintar itu karena Tuhan, pokoknya semua karena Tuhan.
Jauhkanlah aku dari kesombongan ya Tuhan..
Jadi ingat Daud yang setelah memenangkan perang, mau hitung jumlah barisannya. Tapi Tuhan nggak suka. Lah, emang kenapa, cuma hitung doang kok. Tapiii Tuhan tau apa yang terbersit di hati Daud. Mungkin Daud pikir, hmm karena jumlah orang-orangku yang banyak nih, aku bisa menang perang, lupa sama Tuhan yang sesungguhnya memberikan kemenangan.. (1Taw 21:2)

Yess, guide me terus ya Tuhan, supaya terus berkenan di hatiMu.. :)

Thanks God..

Komentar