Terlalu mandiri

Mau nulis lagi ahh.. mumpung lagi ada mood.. hehe..
Jadi, anak saya tuh yang gede udah SMA aja dongs.. 😉
Seperti udah pada umumnya kalau anak udah gede tuh, udah malu kalau nempel terus sama orang tuanya.

Udah dari kemarin L anak saya ikut acara sekolah yaitu character camp di Puncak.
Nggak boleh bawa hp. Sebenarnya sih dia udah sering juga acara nginep-nginep gitu tanpa bawa hp. Tapi tetap aja yaa namanya orangtua, tetap galau kalau ditinggal anaknya tanpa bisa dihubungi..
Jadi tentunya saya hubungi hp gurunya dong nanya2 gitu.. kepo ceritanya 😂
Untung gurunya baiikk banget.. malah kirim2 foto L juga.. dan malah bilang kalau L pinter math nya dan disuruh ikut math club di sekolahnya. Trus dikirim juga foto L berdua ibu gurunya. Untung L senyum di foto itu.. wkwk.. karena ini anak biasanya kalo difoto nggak mau senyum.. jutek mulu.. hiks..


Sebenarnya, saya itu agak kuatir loh sama L semenjak dia semakin besar. Orangnya terlalu mandiri, merasa apa-apa bisa sendiri.. malahan udah punya cita-cita jalan sendirian ke Korea.. sendirian  loh.. hiks.. mama nggak diajak nak.. 😭
Saya cuma takut dia jadi sombong karena berasa nggak perlu orang lain.. 😭
Pernah saya cerita kalau orang terlalu mandiri itu juga nggak bagus, trus L nanya kenapa, bukannya mandiri itu bagus ya ma.. Hmm.. jawabnya gimana yah.. akhirnya dengan sok bijak saya bilang kalau orang terlalu mandiri itu bisa jadi sombong karena nggak perlu orang lain. Kita kan mahluk sosial, perlu orang lain dalam hidup kita. Apalagi Tuhan kan nggak suka sama orang sombong..

Yah, begitulah.. agak bingung juga hadapin anak yang mulai masuk fase baru di hidupnya.. dikerasin salah, dilembekin juga salah.. mana anak udah pinter jawab kalau dibilangin. Benar-benar perlu hikmat dari Tuhan deh buat mendidik anak..

Pernah juga, suatu malam papanya bilang kalau L nggak sopan waktu ngomong di telepon sama papanya. Jadi ceritanya papanya mau jemput L. Jadi mereka janjian di tempat tertentu untuk ketemu gitu. Tapi mungkin nggak jelas ngomongnya atau gimana, L bilang udah-udah terus, abis itu teleponnya dia matiin. Marah dong papanya..
Malam itu, saya panggil L ke kamar..
Maksudnya mencoba menasehati tapi jatohnya jadi ngomel ngomel juga..  Sampai terucap juga kejadian dulu-dulu yang dia kalau ditelponin maunya cepet-cepet udahan aja.. Eh terus L jawab, abisnya mama papa suka ganggu sih telepon-telepon mulu.. aku kan lagi sama teman-teman aku..
Whatt?? Saya langsung marah, saya bilang misalnya kamu udah besar, udah jadi orang sukses, kamu lagi meeting sama para pemegang saham #apaansih..  terus mama atau papa telepon kamu.. kamu harus berhenti meeting dulu dan jawab telepon mama papa.. kamu harus tetap hormati orang tua kamu apapun situasinya.. karena itu PERINTAH TUHAN..

Saya ngomong gitu sambil nangis loh #mamalebayyy..  L dengerin duduk tercenung di lantai sambil nunduk (dengerin atau ngelamun nak?) Dedenya ada di kamar, juga ikut denger sambil terdiam terpaku.. hahaha...

Tapi puji Tuhan ya, setelah omelan mama yang membahana malam itu, keliatan kalau L ini berusaha banget buat ngomong yang baik dan manis sama mama dan papa..  yess..

En sekarang, udah 2 hari L nggak di rumah.. mama kangennnn.. 😢😍

Gitu lah ya.. suka duka punya anak.. nanganin anak masih kecil sama yang udah gede beda lagi.. musti belajar lagi..
Yang pasti perlu pimpinan Tuhan..

Semoga anak-anak bisa tumbuh besar dan selalu berkenan di hati Tuhan..
Amin..

Komentar