Benjolan..

"Dan inilah perintah-Nya itu : supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, anak-Nya.."

Ayat ini tengiang-ngiang sehari sebelum aku cek ke dokter onkologi.
Hah? ke onkologi? ngapain??.. hii aku juga ngeri..

Ceritanya waktu hari Senin  kemarin, tgl 1 Juli, aku ikut USG mamae di RS Siloam.
Pagi-pagi udah sampe RS, didrop sama suami yang mau pergi kerja.
Setelah daftar, jalan ke bagian Radiologi, tunggu sebentar n dipanggil masuk deh untuk di USG.
Dokternya cewek, agak gemuk. Dia suruh buka baju n angkat tangan ke atas. Dokter cek mulai dari ketiak terus ke dada.
Sambil liatin monitor, dia bilang, Eh, apa ya ini? balik lagi ke situ, puter-puterin alat usg nya di sekitar situ.. Woo, aku ikut kaget dong, tanya ke dokternya ada apa dok? Trus dia kasih liat monitornya ke aku dan bilang nih liat nih ada benjolan.. yang bulatan hitam ini.. Lalu diukur diameternya sekitar 0,5 - 1 cm.
Waduh, aku kaget dong ya.. hiks.. Itu apa ya dok? Dokter bilang saya nggak bisa pastiin, mending periksa ke dokter onkologi ya, katanya..

Speechless deh, ya udah aku iya-in aja, sambil berdoa, ya Tuhan, semoga ini bukan apa-apa..
Selesai USG, aku langsung ke kantor. Kerja seperti biasa. Nggak telepon suami juga. Pokoknya diam aja, cuma pikiran jadi kalut aja. Karena nggak enak pusing sendirian, akhirnya aku ngomong juga ke temen kantor. Dia kaget juga denger aku ada benjolan lagi. Karena dulu memang aku pernah dioperasi karena FAM di dada. Tapi dulu itu, dari internist langsung disuruh ke dokter bedah aja, nggak pake ke onkologi-onkologian.. hiks..

Aku cari di google, apaan sih dr onkologi itu. Ternyata onkologi adalah sub bidang medis yang mempelajari kanker.. Hiks... makin takut lah aku..
Pikiran udah yang jelek-jelek aja, kayanya seharian itu juga nggak bisa konsen kerja, mikir yang engga-engga aja deh..
Waktu pulang kantor, dijemput suami, dia yang tanya duluan, gimana hasil cek nya?
Aku bilang, yang nadanya aku normalin senormal mungkin,"Ada benjolan", kataku.
Hah? Trus gimana, katanya.. Aku juga tau, dia nggak mau bikin aku tambah takut. Aku bilang disuruh ke dr onkologi.
Di rumah, aku masih pikirin, mau cek nggak ya, cek nggak ya..
Kepalaku sakit banget, sampai besoknya lagi kepala masih sakit juga.. Kayanya dari stress nih, micu asam lambung sampai kepala jadi sakit begitu..
Setelah pikir punya pikir, ya udahlah, cek aja ke dokter. Daripada terus gantung tanpa kepastian, tambah tersiksa rasanya.

Hari Rabu nya, pulang kerja, ditemani suamiku aku cek ke dr onkologi.
Disuruh tidur di ranjang periksa.
Diperiksa dokternya, dan dia bilang " Iya nih, ini nih benjolannya, tapi saya harus liat dulu hasil USG dan karena Ibu sudah berumur di atas 30, lebih baik di mamograf juga, katanya.
Ya udah, aku setuju, USG ulang dan sekalian mamograf juga.
Keluar dari ruang dokter, kita langsung ke Radiologi.
Daftar dan nggak lama dipanggil masuk ke ruang mamografi. Ada petugas yang tanya-tanya di dalem, dan diperiksa lagi. Sama, dia juga bilang, "O iya ya, ini nih benjolannya", sambil memeriksa dadaku.
Setelah mamograf selesai, nggak lama aku dipanggil lagi ke ruangan USG.
Waktu baringan di tempat tidur, aku baru sadar, aduh tadi lupa bilang nama Yesus waktu mau masuk ruang mamo. Dan langsung waktu itu sebelum dokternya masuk, aku  pegang dadaku sendiri dan bilang "Dalam nama Yesus! Biar Engkau yang menyembuhkan aku ya Tuhan".. Aku ingat ayat yang tadi aku tulis di awal tulisan ini. 
"Dan inilah perintah-Nya itu : supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, anak-Nya.."
Aku percaya, nama Yesus berkuasa. Aku percaya Tuhan..

Nggak lama kemudian, dokternya masuk. Beda lagi, dokternya cowok, tapi keliatan wajahnya baik.
Mulai USG, dia tanya, "Kenapa ini?" Aku ceritain deh dari mula-mula ditemukannya benjolan lewat  USG dua hari yang lalu.
Dokternya tanya, siapa yang USG waktu itu?. Aku bilang, dokternya cewek dan agak gemuk.
Oh, itu Dr Syena. Sebentar saya panggil dulu orangnya. Dr Syena datang, dan ditanya sama dokter yang USG aku, di mana kemarin benjolannya? Dokter S bilang, di sekitar sini nih, sambil menunjuk dadaku.
Loh, koq nggak ada ya? Dokter yang USG masih cari-cari pake alatnya. Trus dia tanya lagi, dr onkologinya bilang apa? Aku bilang, ya ada benjolan. Dia tanya lagi, siapa nama dokternya, aku bilang dr Bernard.
Oh, ada di sini tadi orangnya, coba panggil, katanya.
Dr Bernard pun datang, dan ditanya hal yang sama seperti tadi ke dr Syena.
"Liat nih, hasil mamonya", kata dr yang USG aku.
Dr B itu diam dan lama ngeliatin hasil foto mamograf aku.
Dia diam aja, dan nggak ngomong apa-apa. Dokter USG yang terus banyak ngomong.
Dia bilang, nggak ada apa-apa nih, bersih.. sambil terus mencari-cari benjolan itu di dadaku dengan alatnya.
Aku bilang, ya Puji Tuhan dokter, kalo nggak ada benjolannya..

Nggak apa-apa deh aku udah bayar mahal juga buat semua tes ini, kalo hasilnya bersih, ya aku seneng banget dong.. Rasanya beban yang berat ini terlepas. Thanks GOD.. Terimakasih Tuhan Yesus...
Aku nggak tau, apa yang terjadi, tapi Tuhan sudah angkat bebanku..
Praise the LORD!..
Aku pulang dengan suamiku. Aku bilang ke dia, Koko sudah doain aku kan? Nanti koko bilang terimakasih ya sama Tuhan, doa kita dikabulkan.
Sama anakku juga aku ngomong begitu.. Karena Laura, anakku yang besar, sudah bisa diajak bicara dari hati ke hati, aku sempet minta dia doain aku. Aku bilang, Tuhan sayang anak-anak, minta ya sama Tuhan, supaya mama disembuhkan. dan Tuhan memang menyatakan mujizatNya.
Karena aku liat sendiri dengan mataku bulatan hitam itu di monitor USG, tapi dua hari kemudian juga aku melihat di layar monitor, tidak ada benjolan hitam itu lagi..
Halleluya..

Komentar